Minggu, 15 Juli 2012

BAHAN AJAR TIK 7



Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.     Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang  dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai  dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,  teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs  adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun, atau  ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri
B.   Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2.      Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3.      Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4.      Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

C.   Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.      Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
D.  Analisa Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang


 


1.1  Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
1.2  Mendeskripsikan sejarah perkembangan  teknologi informasi dan  komunikasi dari masa lalu sampai  sekarang
1.3  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4  Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5  Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

2.   Mengenal operasi dasar peralatan komputer
                                                Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
                                                Mematikan komputer sesuai prosedur
            Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

Kelas VII, Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.      Mempraktikkan keterampilan dasar komputer 

          Mengidentifikasi berbagai komponen
          perangkat keras komputer
          Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak
          program aplikasi
          Memahami kegunaan dari beberapa
          program aplikasi
          Mempraktikkan satu program aplikasi

Kelas  VIII,   Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi

            Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
            Menjelaskan  fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata
            Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata
            Membuat dokumen  pengolah kata sederhana


Kelas VIII,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
            Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
            Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka
            Menggunakan menu dan ikon  pokok pada perangkat lunak pengolah angka
            Membuat dokumen pengolah angka sederhana


Kelas IX ,  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
            Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet
            Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet
            Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
            Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet
            Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet


Kelas  IX ,  Semester  2       
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

            Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
            Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
            Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat 


E.  Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Disahkan Oleh        : Kepala Madrasah
Pada Tanggal      : 14 JULI 2012
Di                           : MTs N Borobudur



Drs. M.Fathul Mubin, M.Ag
NIP. 19680619 199403 1 003      






PENGANTAR



            Puji syukur kehadirat illahi Robi yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga karena-Nya lah kami dapat menyelesaikan pembuatan Buku Panduan Microsoft Word dengan selamat.
            Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beliau Bapak Kepala Madrasah, Bapak Ibu Waka. Madrasah, Ustadz Ustadzah yang telah memberi dukungan  baik moril maupun spirituil, serta nasehat dan bimbingan , tak lupa kepada seluruh instruktur TIK di MTs Negeri Borobudur atas kerjasamanya yang baik sehingga akan tercipta kekompakan diantara kita warga MTs N Borobudur dengan tanpa mengenal lelah dengan penuh semangat pengapdian tinggi  demi pelayanan yang maximal kepada putra-putri di MTs N Borobudur, serta semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu kami baik secara langsung maupun tidak langsung.
            Kami menyadari bahwa pembuatan buku panduan ini pastilah tidak luput dari kekurangan dan kesalahan , karena itu, melalui pengantar ini ijinkan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh Civitas Akademika dan semua pihak atas segala kekurangan yang ada. Kami mencoba membuat buku ini dengan tujuan agar siswa di MTs N Borobudur lebih maju dan trampil dalam menghadapi dunia mendatang yang semakin kita rasakan semakin canggih dan sulit untuk dikejar dengan adanya buku panduan paling tidak siswa dirumah dapat mendalami/membaca agar sehingga apabila sampai di Madrasah tinggal mempraktekkan apa yang telah ditelaah di rumah, karena untuk ketrampilan Teknologi yang hanya 1 kali pertemuan dalam seminggu akan sangat kurang sekali, sehingga perlu adanya tambahan waktu yaitu dengan adanya ekstrakurikuler untuk mata pelajaran TIK, maka kami mencoba membantu anak – anak khususnya kelas VII  untuk membaca buku panduan ini sebagai bahan ajar .
            Kami juga sadar bahwa apa yang telah kami susun ini hanyalah sebutir debu di tengah – tengah padang pasir yang luas atau setetes air di dalam samudra nan luas yang tidak ada artinya sama sekali dibandingkan tuntunan dan kebutuhan. Karena itu kami mengharap kepada semua pihak untuk selalu memberikan sumbangsih dan sarannya kepada kami sehingga perwujudan tujuan pendidikan dapat terlaksana.
            Akhirnya marilah kita bertekad untuk mengembangkan dunia pendidikan dengan semangat kerja keras, serta tidak lupa selalu memohon perlindungan,bimbingan dan petunjuk dari Alloh SWT.    





Borobudur, … Juli   2012

                Penulis



PENDAHULUAN



            Word Processor atau Microsoft Word adalah suatu program yang digunakan untuk mengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini untuk menunjang kebutuhan baik sebagai individu, pemerintah, swasta dan di berbagai bidang lainnya. Banyak sekali fasilitas dan kemudahan yang akan kita dapatkan di dalam Microsoft Word.
            Microsoft Word merupakan salah satu program yang canggih dan kompleks. Oleh karena itu dalam modul ini nantinya tidak akan membahas seluruh fasilitas yang dimiliki Microsoft Word. Materi yang terkandung dalam modul ini dirancang untuk memudahkan siswa belajar menggunakan aplikasi Microsoft Word agar nantiya dapat berguna dikemudian hari.
            Setelah memahami prinsip-prinsip dasar penggunaan Microsoft Word dalam jangka panjang siswa diharapkan dapat menguasai lebih banyak fasilitas yang ada dalam program Microsoft Word.



MENGENAL BAGIAN PERANGKAT KOMPUTER

1.      Media Input

Media Input adalah alat yang digunakan untuk memasukkan perintah-perintah yang nantinya akan dijalankan oleh komputer. Ada dua macam media input yaitu : Keyboard dan Mouse.

2.      Media Pemroses

Setelah nantinya informasi-informasi diberikan melalui jendela perintah, input tadi selanjutnya akan diolah oleh media pemrosess, dalam hal ini adalah : CPU atau Control Processor Unit.

3.      Media Output

Setelah data diolah oleh CPU, maka data tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk media Video oleh monitor. Monitor berfungsi sebagai alat pengubah dari media input yang berupa perintah-perintah oleh keyboard / mouse dan setelah melalui pengolah oleh CPU maka data tersebut akan berubah wujud memjadi sesuatu yang dapat ditangkap oleh indra penglihatan.

4.      Media Penyimpanan

Media simpan adalah perangkat yang digunakan untuk memprosesdata-data yang nantinya akan dibaca dan dijalankan oleh komputer. Media simpan dapat berupa Disket, Hardisk, Compact Disk atau Flash Disk.

MENGENAL INSTRUKSI-INSTRUKSI

INSTRUKSI KEYBOARD

            Keyboard berfungsi untuk memasukkan atau mengeluarkan perintah. Bentuk dari Keyboard tidak jauh berbeda dari mesin ketik manual yang biasa pada mesin tik, tapi anak sekarang lebih cenderung mengetahui dalam pemakaian SMS pada HP yang dipakai untuk menulis cukup pakai satu tangan itu juga keyboard.
Bagian keyboard. Dapat kita kelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu Function Key ( F1 – F12 ), Typewriter Keys, General Control Keys, ( Esc, Ctrl, Alt, dsb ), Numeric Keys ( untuk perhitungan matematika ) dan lain-lain.

Berikut ini adalah fungsi – fungsi dari tombol keyboard :

Enter
:
Memindahkan ke baris atau alinea baru, perintah OK / Yes
Backspace
:
Menghapus satu karakter / huruf ke kiri
Spacebar
:
Membuat spasi
Tab
:
Membuat spasi sesuai dengan jarak yang kita inginkan
Shift
:
Membuat huruf kecil menjadi hauruf kapital, membuat karakter diatas huruf
Home
:
Memindah ke awal baris
End
:
Memindah ke akhir baris
Page Up
:
Berpindah ke page atasnya
Page Down
:
Memindah kursor ke page bawahnya
Caps Lock
:
Membuat huruf kecil menjadi huruf besar/kapital
Alt
:
Tombol ini dapat digunakan bersamaan dengantombol lainnya, misal : Alt + F ; membuka Menu bar File dsb.
Ctl + Esc
:
Membuka Start
Delete
:
Menghapus satu karakter / huruf / ke kanan
Ctrl + F
:
Mencari Dokumen
Ctrl + S
:
Menyimpan Dokumen
Ctrl + P
:
Mencetak Dokumen
Ctrl + Z
:
Membatalkan perintah sebelumnya
Ctrl + O
:
Membuka Dokumen
Ctrl + N
:
Membuka Dokumen
Ctrl + Backspace
:
Menghapus satu karakter ke kiri
Ctrl + Delete
:
Menghapus satu karakter ke kanan
INSTRUKSI MOUSE

            Mouse merupakan perangkat yang sangat penting di dalam windows. Dengan muse kita dapat melakukan perintah dengan cepat, efisien dan mudah. Pada mulanya penunjuk mouse berbentuk anak panah putih kecil diagonal ke atas, selanjutnya ia dapat berubah-ubah dengan perintah yang sedang ia kerjakan, misalnya : jika ia berada pada dokumen ia akan menjadi garis vertikal hitam yang berkedip-kedip.
Ada beberapa istilah dalam mouse, misalnya :
1.
Penunjuk Mouse / Pointer
:
Anak panah putih
2.
Titk Penyisipan / Kursor
:
Garis vertikal berkedip-kedip berwarna hitam
3.
Klik
:
Klik terdiri dari dua jenis . Klik tombol kanan dan klik tombol kiri di gunakan untuk menaktifkan deretan menu dan icon – icon, juga menginstruksikan perintah-perintah. Klik tombol kanan digunakan untuk mengaktifkan tombol shortcut.
4.
Klik Ganda/ Double klik
:
Menunjuk pada suatu item dan mengklik tombol kanan dua kali dengan cepat.
5.
Geser
:
Menekan dan menahan tombol mouse kemudian menggeser mouse ke arah yang kita inginkan.

MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER

Untuk menghidupkan komputer, langkah yang harus kita lakukan, diantaranya :
1.      Hidupkan Stabilisator dengan menekan tombol power pada posisi On
2.      Tekan tombolo power pada komputer pada posisi On
3.      Tunggulah beberapa saat waktu komputer loading sampa muncul jendela Windows
4.      Anda bisa memulai program-program anda
Untuk mematikan komputer , ada bebarapa langkah yang dapat anda kerjakan :
1.      Pastikan anda sudah keluar  ( exit, Close) dari program yang baru anda jalankan
2.      Klik start dan sorot Shut Down
3.      Klik OK, tunggulah beberapa saat sampai muncul kalimat “ it is now safe to turn of your computer “ pada layar komputer anda.
4.      Tekan tombol power, jangan lupa untuk mematikan stabilisator dan mencabut plug dari tempatnya.







Gambar Tampilan Mematikan komputer

MEMULAI MICROSOFT WORD

  1. Sorot dan klik Start
  2. Sorot dan klik Program
  3. Sorot dan Klik Ms Word









Gambar tampilan Ms.Word
MENGAKHIRI MICROSOFT WORD
  1. Sorot dan klik menu file
  2. Sorot dan klik Clouse atau Exit
  3. Jika muncul tampilan Save, klik OK apabila anda menginginkan untuk menyimpan dokumen anda, klik NO apabila anda tidak ingin menyimpan dokumen yang anda buat dan Cancel untuk membatalkan perintah keluar dari Ms. Word
  4. Anda juga bisa mengakhiri Word dengan menekan icon X pada Control Menu Box yang terletak di sebelah kanan atas layar komputer anda.



Gambar tampilan save dokumen



MENGENAL JENDELA PERINTAH MS WORD

            Microsoft Word dibagi dalam dua jendela, yaitu jendela perintah dan jendela dokumen. Bagian atas dan bawah yang berisi ico-icon adalah jendela perintah, sedangkan jendela di tengah merupakan jendela dokumen atau jendela editing. Di dalam Microsoft Word biasanya kita menggunakan beberapa jenis. Toolbar yang dapat anda tampilkan maupun tidak melalui Menu View  - Toolbars lalu klik salah satu toolbar yang anda inginkan. Berikut keterangan mengenai jendela-jendela tersebut :
1.
Title Bar
:
Berisi nama file yang sedang aktif
2.
Control Menu Box
:
Berisi ico-icon untuk mengontrol jendela dokumen,seperti : Minimize/Maximize ( untuk mengecilkan /membesarkan layar ), Restore ( untuk tidak menampilkan dokumen yang sedang aktif ), Close ( untuk keluar dari program / dokumen yang sedang aktif )

3.
Menu Bar
:
Berisi barisan menu perintah, misalnya: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows, Help.


4.
Standard Toolbar
:
Berisi barisan icon perintah yang berfungsi untuk menangani suatu file, misalnya : File baru, Membuka file, Menyimpan file, dsb.

5.
Formating Toolbar
:
Berisi barisan icon perintah yang berfungsi untuk menangani dokumen

6.
Drawing Toolbar
:
Berisi barisan icon untuk melakukan drawing / Menggambar, dsb


PEMBUATAN DAN FORMATTING DOKUMEN
PEMBUATAN DOKUMEN SEDERHANA
Ketiklah naskah teks berikut ini :

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial dan kultur, perubahan persepsi dan aspirasi, selain sangat cepat berkembang, seiring juga sangat fundamental dan tidak mudah untuk diikuti oleh ilmu pendidikan tradisional, sebagaimana kata filosuf, bahwa dunia ini selalu berubah dan berkembang kecuali perubahan itu sendiri.
Masyarakat menjadi semakin dinamis, ilmu pengetahuan berkembang angat hebat teknologi semakin canggih. Sistem kependidikan kiranya perlu ditinjau dan diserasikan lagi guna menghadapi berbagai tugas-tugas yang semakin kompleks. Guru bukan merupakan satu-satunya sumber belajar, karena di luar masih banyak sumber-sumber lain yang dapat diakses oleh siswa, seperti koran, majalah, televisi, radio, internet dan masyarakat langsung.
 


                       




           




FORMATTING DOKUMEN

Melakukan Perintah Blok
            Sebelum anda melakukan formatting atau editing teks yang umumnya dilakukan dengan perintah awal blok, perintah blok adalah membatasi teks , ada beberapa cara blok dokumen yang bisa anda lakukan :
  1. Dengan Mouse
Bila anda menggunakan mouse, maka anda cukup meletakkan kursor pada naskah teks yang akan dilakukan editing, kemudian klik geser mouse sampai akhir naskah yang akan diedit. Untuk perintah blok per baris , letakkan pointer di sisi kiri baris sampai muncul tanda anak panah  ( → ) , kemudian klik dan geser sesuai baris yang akan di blok.
  1. Dengan keyboard
*      Tekan tombol Shift + ←                 : blok per karakter / huruf ke kiri
*      Tekan tombol Shift +→                  : blok per karakter / huruf ke kanan
*      Tekan tombol Shift +↑                    : blok per baris ke atas
*      Tekan tombol Shift + ↓                   : blok per baris ke bawah
*      Tekan tombol Shift + Ctrl + ←       : blok per kata ke kiri
*      Tekan tombol Shift + Ctrl + →       : blok per kata ke kanan
*      Tekan tombol Shift + Ctrl + ↑         : blok per paragraph ke atas
*      Tekan tombol Shift + Ctrl + ↓         : blok per paragraph ke bawah

MANIPULASI TEKS



            Teks yang sudah anda buat dapat dengan mudah dipindahkan, misalnya dengan mengganti jenis hurufnya, ketebalannya, warnanya. Semua fasilitas ini dapat anda temukan pada  Format font .

Kedudukan huruf

Ukuran huruf
Warna Huruf
Huruf Miring
Jenis huruf
Double Brace: Ukuran huruf
Double Bracket: Kedudukan huruf












Gambar tampilan Font


Ø      Format huruf
Untuk mengubah jenis huruf, seleksi tulisan lalu tekan Format – Font ( font ) atau tekan Ctrl + D, maka akan muncul kotak dialog Font pilihlah sesuai denganyang anda inginkan atau klik pada icon Font pada formatting toolbar.
Ø      Format tebal
Untuk merubah ketebalan huruf, seleksi tulisan lalu tekan Format – Font ( Font Style – Bold ) atau tekan Ctrl + D, pilihlah ketebalan sesuai yang anda inginkan atau klik pada icon Bold ( B ) pada formatting toolbar
Ø      Format Miring
Untuk merubah kemiringan huruf, seleksi tulisan lalu tekan Format – Font ( Font Style – Italic ) atau Ctrl + D, pilihlah kemiringan sesuai dengan yang anda inginkan atau klik pada icon Italic ( / ) pada formatting toolbar
Ø      Format Garis Bawah
Tekan Ctrl + D , pilihlah format Underline  Style ( garis bawah ) yang anda inginkan atau klik pada icon  ( U ) pada formatting toolbar
Ø      Format Warna
Tekan format – Font , pilih font Color sesuai yang anda inginkan atau klik pada icon Font Color pada Formatting toolbar


FORMAT  PARAGRAPH

A.                 Teks Alignment
Secara default word akan menggunakan alignment ( perataan ) kiri/left pada dokumen. Ini berarti word akan mletakkan tulisan dari kiri ke kanan kebawah dan seterusnya. Sebenarnya kita akan dapat meletakkan tulisan di tengah, kanan ataupun yang lainnya, caranya :
1.      pilih menu Format – Paragraph
2.      pada kotak dialog Alignment pilih sesuai yang anda inginkan
v         Left                            : untuk rata teks kiri
v         Right                          : Untuk rata teks kanan
v         Center                        : Untuk rata teks tengah
v         Justified                      : Untuk rata teks kanan dan kiri
3.                                                                  3. Klik OK
Rata Kiri

Rata Kanan
Rata kanan dan kiri
Rata Tengah








4.                                                                   
5.                                                                               





  1. Paragraph
Font paragraph digunakan untuk mengatur spasi antar baris, word secara otomatis sudah mengatus spasi baris untuk anda, yaitu spasi single atau satu spasi. Meskipun demikian anda dapat mengubahnya baik spasi antar baris , antar paragraph, dan lain-lain.
Caranya :
1.      Pilih menu Format – Paragraph
2.      Pada kotak dialog line spacingpilih spasi atau baris yang anda inginkan.
  1. Identasi
Identasi adalah jarak antar margin kanan dan kiri dengan teks yang akan anda tuliskan. Ada tiga jenis identasi dalam word, yaitu : Left Indent, First line indent dan Right indent. First line indent adalah indentasi baris pertama atau awal dari suatu paragraf biasanya menjorok ke depan. Left indent adalah jarak antara margin kiri dengan teks /tulisan. Right indent adalah jarak antara margin kanan dengan teks.tulisan. Untuk mengubah indentasi caranya adalah:
1.      pilih menu Format – Paragraph
2.      Tentukan indentasi yang anda inginkan
3.      Pada kotak dialog special, anda bisa memilih First line ( baris pertama ) atau hanging
     ( menggulung )  
4. Left untuk merubah indentasi kiri,Rigth untuk merubah indentasi kanan





Format baris

Alignment
Moon: Format baris
 



Indentasi
Double Bracket: Indentasi 




Gambar tampilan Format – Paragraph




  1. Tabulasi
Tabs atau tabulasi digunakan untuk mengatur perataan dan awal tulisan agar seragam. Berikut dijelaskan tipe-tipe tabs yang ada pada word dan fungsinya.
ü      Left      : Teks akan dimulai pada tab dan dituliskan ke kanan
ü      Rigth    : Teks akan dimulai pada tabs lalu ditulis dari kanan ke kiri
ü      Center  : Teks akan dibuat rata tengah (center) relatif terhadap posisi teks,dsb.
Untuk membuat tabs atau mengubah tipe tabs yang dimasukkan, caranya :
1.      Pilih menu Format – Tabs
2.      Tentukan default stopnya
3.      Klik OK

Posisi PemberhentianTab

Default Tab Stop
Rounded Rectangle: Posisi PemberhentianTab Rounded Rectangle: Default Tab Stop
 















Gambar tampilan Tabs Stop
PEMBUATAN DOKUMEN DENGAN FORMAT KORAN


            Anda dapat menerapkan kolom ( seperti dalam koran/surat kabar ) dengan cara melakukan seleksi pada teks lalu ikuti langkah-langkah berikut ini :
1.      Pilih menu format – Colomn
2.      Pilih mode kolom yang anda inginkan, One untuk type kolom tunggal (normal), Two untuk type dua kolom, Three untuk type tiga kolom
3.      Untuk menambahkan garis vertikal antar kolom, aktifkan Line Between
4.      Untuk merubah lebar dan spasi antar kolom gunakan Width and Spacing

Jumlah kolom yang akan dibuat
Pembuatan garis batas antar kolom
 






Lebar dan jarak spasi
Tampilan Preview








Gambar Tampilan Format – Colomn

           



Penulisan pada kolom dimulai dari kolom paling kiri lalu diteruskan ke kolom sebelah kanannya setelah penuh, akan dibuat baris baru lalu diteruskan sampai kolom kanan hingga penuh dan seterusnya.
FORMAT DROP CAP

            Drop Cap sering digunakan untuk membuat huruf pertama seperti tulisan pada awal paragraph ini, juga pada tulisan di majalah, buku pada awal paragraph. Untuk membuatnya, caranya adalah :
1.      Pilih menu Format – Drop Cap
2.      Pada kotak dialog Position pilih format None untuk tidak mendrop cap tulisan, Droped dan in Margin untuk membuat drop cap.
3.      Options untuk menentukan Font ( jenis huruf ), Lines to drop untuk baris yang akan didrop dan Distance from text untuk menentukan jarak tulisan yang didrop dengan tulisan berikutnya.

FORMAT BULLETS AND NUMBERING

            Fasilitas Bullets and Numbering merupakan fasilitas yang berfungsi untuk membuat daftar berbutir (bulleted list) atau daftar bernomor (numbered list) secara otomatis. Fasilitas ini sangata mermanfaat ketika anda mengerjakan naskah atau dokumen yang menggunakan daftar bernomor, misalnya pembuatan soal, daftar peserta ujian, dsb.
1.      Pembuatan Bullets
Bullets merupakan fasilitas pembuatan teks yang diawali dengan tanda titik. Fasilitas ini bermanfaat ketika anda mengerjakan dokumen yang berisikan poin-poin pembahasan. Langkah untuk menggunakan fasilitas ini adalah :
a.       Pilih menu Format – Bullets and Numbering
b.      Pilih format Bullets
c.       Pilih jenis yang anda inginkan
d.      Klik OK
2.      Pembuatan Numbering
Numbering adalah fasilitas untuk membuat paragraph teks bernomor. Penomoran paragraph teks dengan fasilitas numbering dapat berupa angka atau huruf. Langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas ini adalah sebagai berikut :
a.       Pilih menu Format – Bullets and Numbering
b.      Pilih format Numbering
c.       Pilih jenis penomoran yang akan anda inginkan
d.      Klik OK
3.      Modifikasi Bullets and Numbering
Karakter bullets tidak hanya berupa tanda titik akan tetapi juga bentuk lainnya.
Begitu juga dengan karakter numbering tidak hanya berupa angka arab ( 1,2,3, ....) tetapi juga bentuk lainnya. Untuk memodifikasi kedua bentuk tersebut adalah dengan cara :
  1. Pilih menu Format – Bullets and Numbering
  2. Pilih Format Bullets atau Numbering yang tadi sudah anda buat
  3. Pilih menu Customize
  4. Tentukan perubahan yang anda inginkan
  5. Klik OK























PEMBUATAN SURAT SEDERHANA


            Setelah anda mempelajari bab-bab diatas diharapkan anda mampu membuat beberapa dokumen sederhana, seperti ; surat sedehana, dsb. Berikut contoh surat sederhana yang menggunakan aplikasi dari bab-bab di atas yaitu : Penggunaan Alignment, tabulasi,Format Font,dsb. Format surat terdiri dari beberapa bagian diantaranya :
  1.  Kop surat atau kepala surat                 : berisi nama instansi atau lembaga asal surat
  2. Tanggal surat                                        : berisi tanggal pembuatan surat
  3. Nomor surat                                         : berisi nomor surat berdasarkan jenis surat tersebut
  4. Hal atau Perihal                                    : berisi perihal surat dibuat
  5. Lampiran                                              : berisi jumlah lampiran apabila ada
  6. Alamat Tujuan                          : berisi alamat/orang/instansi yang dituju
  7. Salam pembuka                                    : berisi ucapan sebagai pembuka surat
  8. Paragraph  Pembuka                            : berisi uraian pembukaan/pendahuluan surat
  9. Paragraph inti                                       : berisi uraian inti permasalahan dari surat
  10. Paragraph Penutup                               : berisi uraian penutup
  11. Salam Penutup                          : berisi ucapan penutup
  12. Inisial                                                    : berisi pembuat surat
  13. Jabatan                                                 : berisi jabatan yang dipunyai pembuat surat

PEMBUATAN SURAT DENGAN LETTER AND FAXES

Selain dengan format pembuatan surat sederhana di atas anda juga bisa membuat format lainnya yang disediakan oleh Microsoft Word, diantaranya adalah dengan Memo, letter and faxes, dsb. Berikut ini langkah-langkah pembuatan Surat dengan menggunakan letter and Faxes.
  1. Pilih menu File New
  2. Pada kotak dialog New pilih letter and Faxes
  3. Pilih Contempory Letter
  4. Klik OK
Keterangan :
1.      Heading                                   : Kop surat
2.      Data                                        : Tanggal surat
3.      Delivery Address                     : Alamat yang dituju
4.      Salulation                                 : Salam pembuka
5.      Body                                       : Isi surat
6.      Complementery                       : Salam Penutup
7.      Signature                                 : Tanda tangan
8.      Job litle                                    : Jabatan, dsb.



PEMBUATAN SURAT PENGUMUMAN DENGAN MENGGUNAKAN MEMO

            Disamping fasilitas pembuatan format surat secara otomatis yang disediakan oleh Microsoft Word ada juga fasilitas lain yang memudahkan kita dalam membuat suatu dokumen, contohnya adalah pembuatan memo sederhana yang akan kita bahas berikut ini, berikut langkah-langkahnya :
  1. Pilih menu File – New
  2. Pada kotak dialog New pilih Memo
  3. Pilih Elegant Memo
  4. Klik OK

PEMBUATAN AMPLOP SURAT

            Fasilitas pembuatan amplop juga disediakan oleh Microsoft Word, jadi untuk keperluan pribadi maupun instansi anda bisa membuat amplop sendiri, langkahnya-langkahnya adalah :
  1. Pilih menu tools – Envelopes and Labels
  2. Pada kotak dialog Envelope Delivery Address tulislah alamat yang dituju
  3. Isilah alamat anda pada Return Address
  4. Pilih Option apabila anda menginginkan format lainnya, yaitu bentuk pencetakan, dsb.
  5. Print apabila anda ingin mencetaknya

PENYISIPAN GAMBAR DENGAN DOKUMEN

            Secara garis besar gambar pada word dapat kita kelompokkan sebagai berikut :
Tipe Gambar
Jenis Gambar
Keterangan
Auto Shapes
Objek
Terdiri atas garis,korektor,, Bentuk-bentuk dasar, anak panah,dsb.
Text Boxes
Objek
Berupa autoshapes yang di dalamnya dapat ditambahkan teks
Clip Art
Objek,Picture
Koleksi file yang terhimpun dalam clips gallery
Word Art
Objek
Berisikan format tulisan bersama bentuk-bentunya
Gambar/Objek lain
Objek,Picture
Dimasukkan dan file lain, Scanner,digital camera,dsb

AUTO SHAPES

1.            Pilih menu insert – Auto Shapes
2.            Setelah muncul kotak dialog autoshapes, pilihlah sesuai dengan yang anda inginkan.
3.            Pada dokumen, kursor akan berganti menjadi tanda +, anda tinggal menggambarnya dengan cara menggeser mouse.






Keterangan :
  1. Menggambar Garis
  2. Bentuk garis blok
  3. Bentuk-bentuk dasar
  4. Bentuk-bentuk diagram
  5. Bentuk bintang
  6. Menggambar Callouts
  7. AutoShapes lainnya




WORD ART
  1. Pilih menu insert – Picture
  2. Klik pada word Art
  3. Pilih Format word Art yang anda inginkan Klik OK
  4. Ketiklah tulisan anda
  5. Klik OK




CLIP ART

            Clip art digunakan untuk memasukkan file gambar dan multimedia ke dalam dokumen melalui Menu Insert. Langkah-langkah untuk memasukkan  Clip art ke dalam dokumen adalah :
  1. Pilih menu insert – Picture
  2. Klik pada Clip Art
  3. Pilih gambar sesuai yang anda inginkan
  4. Klik insert lalu Close

FROM FILE

            Anda juga bisa memasukkan gambar daru file yang pernah disimpan. Langkah-langkahnya adalah :
  1. Pilih menu Insert – Picture
  2. Klik pada From File
  3. Pada kotak dialog look in, carilah file gambar yang anda inginkan
  4. Klik Insert
TEXT BOX
  1. Klik icon Text Box yang terletak pada drawing toolbar
  2. Gambar text box tersebut dengan mouse
  3. Tulislah text yang anda inginkan


KETIKLAH TULISAN ANDA DISINI ! OKE ?
 
 





PEMBUATAN TABEL PADA DOKUMEN

            Dalam pembuatan dokumen sering kali dibutuhkan penulisan dengan format tabel. Selipun pembuatan dan fungsi tabel lebih mudah dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Ecxel, namun microsoft word menyediakan fasilitas bantu pembuatan tabel. Teknik pembuatan tabel adalah sebagai berikut :
v     PEMBUATAN TABEL
1.       Pilih menu Table-insert – Table
2.      Pada kotak dialog Numbers of Colomns, tentukan jumlah kolom yang anda inginkan
3.      Pada kotak dialog Number of Rows, tentukan jumlah baris yang anda inginkan
4.      Klik OK
v     PEMBUATAN TEKS TABEL
Kita bisa menyisipkan tulisan pada tabel dengan cara menulis seperti biasa. Untuk berpindah ke kolom atau baris berikutnya cukup gunakan mouse atau tombol Tab juga bisa dengan tombol 4 anak panah.
v     MERUBAH LEBAR KOLOM DAN TINGGI BARIS
Intuk merubah baik lebar kolom maupun tinggi baris, langkahnya adalah :
1.      Tempatkan kursor pada kolom atau baris yang ingin anda rubah
2.      Pilih menu Table – Table Properties
3.      Pada kotak dialog Table Properties, Row berarti indikasi untuk baris, dan Colomns untuk kolom
4.      Tentukan ukuran pada Spedity Height atau preferred Width
5.      Previous ukuran sebelumnya dan Next ukuran sesudahnya
6.      Klik Ok
v     PENYISIPAN KOLOM DAN BARIS
Tempatkan kursor pada baris atua kolom yang akan disisipi
1.      Pilih menu table – insert
2.      Pilih Insert Column untuk memasukkan kolom, dan Insert Rows untuk menyisipkan Baris
3.      Left            : Kiri                 Right    : Kanan            Above  : Atas               Below : Bawah

v     MENGHAPUS KOLOM DAN BARIS
Bila anda ingin menghapus atau menghilangkan baris juga kolom dalam tabel yang anda buat, maka tekniknya adalah ;
1.      Blok atau tempatkan kursor pada kolom atau baris yang alan dihapus
2.      Pilih menu table – Delete – Column atau Rows
3.      Secara otomatis kolom atau baris akan terhapus
v     TABEL AUTO FORMAT
Untuk menberi bingkai pada tabel yang telah dibuat, Microsoft Word menyediakan fadilitas Table Auto Format yang mampu membuat beberapa bentuk bingkai pada tabel anda. Jika anda ingin menggunakan fasilitas ini, caranya adalah :
1.      tempatkan kursor pada salah satu tabel yang anda buat
2.      Pilih menu Table – Autoformat
3.      Pilih format tabel yang anda kehendaki dengan menyorot salah satu nama pada kota Formats, dan lihat bentuk tabel anda pada preview
4.      Klik OK
v     PENGGUNAAN FORMULA PADA TABEL
Pada dasarnya pengolahan data lebih mudah menggunakan Microsoft Excel, namun untuk keperluan perhitungan yang sederhana Microsoft Word memberi fasilitas pengolah angka misatnya : mencari jumlah nilai maksimum dab minimum, rata-rata dan fungsi – fungsi lainnya. Untuk mengisi sel jumlah, total dan max, anda dapat menggunakan option formula yang terdapat dalam menu table, langkah-langkahnya adalah :
1.      Tempatkan kursor pada sel yang akan diisi formula
2.      pilih menu tabel – Formula
3.      Pada field formula microspft word otomatis akan menampilkan rumus yang digunakan yaitu = Sum ( Above/left )
4.      Number format mrnunjukkan format angka yang anda inginkan, yaitu : desimal,persen,dsb.
5.      Paste Funtion menunjukkan format perhitungan yang akan anda lakukan dengan cara klik salah satu dari pilihan – pilihan itu.
6.      klik OK
Jenis Perhitungan
Format angka
Jeni perhitungan














H. PENGGUNAAN GARIS BANTU DAN ARSIRAN

Dalam pembuatan bingkai tabel selain menggunakan Auto Foemat, anda juga bisa membuat bingkai tabel memperindahnya dengan arsiran dengan langkah sebagai berikut ;
1.      Blok tabel yang akan diberi bingkai atau arsiran
2.      Pilih menu formar – order and shading
3.      Pada kotak dialog border, pilih salah satu format bingkai yang anda inginkan. None untuk tidak berbingkai, Box untuk bingkai normal, shadow untuk bingkai berbayang
4.      Klik OK
5.      Jika anda ingin membuat arsiran klik Shading
6.      Pada kotak dialog shading pilih jenis arsiran dan warna yang anda sukai
7.      Klik OK
Pembuatan bingkai pada tabel                                 Pembuatan arsiran pada tabel
 
  
BEKERJA DENGAN FORMAT BARU

Menambahkan Nomor Halaman
Fasilitas ini memudahkan anda dalam membuat penomoran halaman, apabila anda menggunakan fasilitas ini maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
1.      Pilih menu Insert – Page Numbers
2.      Klik OK
3.      Untuk merubah format penomoran halaman klik Format
Posisi Nomor Halaman





Posisi Nomor Halamam
Rounded Rectangle: Posisi Nomor Halamam
























LATIHAN 1
            Mata Pelajaran : Teknologi Insformasi & Komunikasi
            Kelas / Semester          : ......... / ..............
            Waktu                          : 75  menit
            Hari / Tanggal               : ...........................................

Ekstrakurikuler  MTs Negeri Borobudur Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Topik                           : Pembuatan Dokumen Sederhana
Langkah-langkah          : 1. Ketiklah naskah teks dibawah ini
                                      2. Simpan dokumen yang sudah anda buat
                                      3. Selamat bekerja

AKAL  SEHAT PERLU DISYUKURI

Pencari kebaikan sama dengan malaikat. Pencari keburukan sama dengan syaitan. Pencari keindahan sama dengan predator ( binatang buas ). Pencari lezat ( keenakan dan kepuasan materi dengan segala bentuknya ) sama dengan binatang buas. Pencari harta benda hanya untuk kepemilikan benda itu sendiri bukan untuk dinafkahkan dalam amal sosial dan perbuatan yang terpuji lebih rendah dan buruk dari binatang.
Barang siapa bangga dengan dala kontek selain untuk kebaikan, ketahuilah bahwa semut lebih berni dari dia, sesungguhnya pula singa, harimau, gajah, kerbau,sapi,kuda lebih kuat darinya.
Barang siapa bangga dengan kecepatan larinya, ketahuilah bahwa kucing, rusa,anjing lebih cepat darinya.
Barang siapa bangga dengan keindahan, suaranya, ketahuilah bahwa kebanyakan burung lebih indah suaranya, sesungguhnya seruling, gemercik air sungai di pegunungan lebih indah dinikmati daripada suaranya.
Maka apa yang cepat dibanggakan dengan semua ini ? apa yang bisa dibanggakan dibanding ciptaan Tuhan lainnya. Hanya orang-orang yang luas ilmunya serta cantik tindak tanduknyalah yang mampu mengalahkan sifat binatang.
     


Tujuan Pembelajaran 1
Peserta Didik mampu menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat
Lunak untuk dapat digunakan mengolah kata
 Definisi Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata)
adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang
memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan
program teks yang sudah ada.
Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa
memanfaatkan perintah copy con untuk membuat file teks, walaupun
sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi GUI
seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad
yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun
karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan
obyek-obyek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan
Perangkat Lunak yang benar-benar bisa memenuhinya.
Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah kata
yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks.
Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, MS Work,
Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
Ciri khas Perangkat Lunak pengolah kata secara umum adalah
mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk
suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan
kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini
disebut sebagai file atau dokumen.
Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan,
pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan
dan pencetakan
Mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Karena Perangkat Lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan
saat ini adalah MS Word, maka sebagai contoh aplikasi kita akan
menjelaskan langkah-langkah pengoperasian Perangkat Lunak
tersebut. Dengan asumsi bahwa sebagian besar aplikasi yang sama
juga memiliki fasilitas serta fitur-fitur yang sebagian besar sama dengan
MS Word.
Dalam lingkungan MS Windows kita bisa mengakses sebuah aplikasi
yang sudah diinstal terlebih dahulu melalui lebih dari satu cara, antara
lain:
1. Melalui Start
Langkah – langkahnya adalah :
Klik start > Programs, baru masuk ke folder MS Office. Atau
mungkin langsung dari klik start > Programs > Microsoft Word.
Gambar 1. Akses MS Word dari Start > Programs
2. Dari shortcut yang sebelumnya kita buat terlebih dahulu.
Langkah – langkahnya adalah dengan klik ganda shortcut yang
akan dibuka
3. Dari Start > Run lalu kita pilih Browse.
Langkah – langkahnya adalah tinggal kita cari letak dari file
yang akan kita buka. Misalnya di Program Files\Microsoft
Office\Winword.exe. Setelah terpilih klik Ok.
4. Cara lain adalah melalui Windows Explorer, lalu kita cari lokasinya
seperti pada langkah no. 3.
Gambar 4. Akses MS Word dari Windows Explorer
5. Sedangkan yang terakhir adalah melalui fasilitas pencarian yang
dimiliki oleh Windows.
Langkah langkahnya adalah klik start > Search > All files and
folders. Pada form isian kita bisa menuliskan nama file yang ingin
kita cari, misalnya winword. Setelah ditemukan tinggak klik maka
file tersebut akan dieksekusi.
Gambar 5. Akses MS Word dari Start > Search > All Files and Folders
Setelah tereksekusi maka aplikasi MS Word akan dijalankan dan
menampilkan lingkungan kerja sebagai berikut:
Sedangkan tampilan pada lingkungan kerja Open Office.org Writer
adalah sebagai berikut:
Rangkuman Kegiatan Belajar 1 :
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata)
adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang
memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan
program teks yang sudah ada. Perangkat Lunak pengolah kata yang
paling banyak digunakan saat ini adalah MS Word, hampir disemua
instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan menggunakannya.
Tugas
Untuk menambah wawasan tentang pembahasan materi diatas, Peserta
Peserta Didik wajib membaca baca buku atau sumber-sumber lain
kemudian dibuat rangkuman.
Tes Formatif :
1.Tes Toeri
1. Salah satu cara untuk mengakses MS Word melalui start
yaitu :
a. Start > Program > MS Word
b. Program > Start > MS Word
c. Start > Program > Open
d. Open > Start > Program
2. Membuka MS Word secara cepat dapat dilakukan dengan
cara :
a. shortcut
b. start
c. browse
d. window explorer
3. Fasilitas scrollbar pada MS Word berfungsi untuk :
a. menggulung layar dokumen ke atas, bawah, kiri, maupun
kanan halaman.
b. menggulung layar dokumen ke atas maupun ke bawah
halaman
c. menggulung layar dokumen ke arah kiri maupun kanan
halaman
d. menggulung layar dokumen ke arah atas dan kanan halaman
2. Tes Praktek
Lakukan urutan langkah-langkah untuk membuka MS Word
dengan cara start.
Tujuan Pembelajaran 2
Peserta Peserta Didik mampu mengenali menu, membuat, membuka,
menyimpan dokumen menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata
MS Word.
1.Mengenali Lingkungan Kerja
   Menu dan Toolbar
Menu menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa di
antaranya selain berupa teks juga memiliki gambar (image)
yang menjadi simbolnya sehingga mudah mengasosiasikan
keduanya.
Sebagian besar menu terletak pada menu bar, sedangkan
toolbar adalah sebuah baris memanjang yang bisa terdiri dari
button (tombol), menu, atau kombinasi keduanya. Biasanya
dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui View > Toolbars
2. Keyboard Shortcut
Kunci shortcut berfungsi untuk mengakses perintah dengan
menggunakan keyboard, yang sebagian besar mengacu pada layout
keyboard U. S. Untuk sebagian pengguna yang sudah banyak
mengetahui kombinasi kunci-kunci ini biasanya lebih senang bekerja
tanpa menggunakan mouse. Karena akan banyak menghemat waktu
dan mempercepat pekerjaan.
Di bawah ini terdapat daftar kombinasi kunci pada keyboard yang sering
digunakan untuk mengeksekusi perintah dalam aplikasi MS Word.
Kombinasi Shortcut yang sering digunakan
Fungsi
CTRL+N Membuat sebuah dokumen baru
CTRL+O Membuka dokumen
CTRL+W Menutup dokumen
ALT+CTRL+S Memecah jendela dokumen
ALT+SHIFT+C Mengembalikan dokumen setelah
                         dipecah
CTRL+S Menyimpan dokumen
CTRL+B Membuat cetak tebal
CTRL+I Membuat huruf miring
CTRL+U Membuat huruf bergaris bawah
CTRL+SHIFT+< Mengurangi ukuran huruf
CTRL+SHIFT+> Memperbesar huruf
CTRL+C Menyalin teks atau obyek terpilih
CTRL+X Memotong teks atau obyek terpilih
CTRL+V Menempelkan teks atau obyek
CTRL+Z Membatalkan aksi sebelumnya
CTRL+Y Menjalankan lagi aksi terakhir
CTRL+F Mencari teks dan item-item khusus
ALT+CTRL+Y Mengulangi pencarian (setelah menutup jendela Find and Replace)
CTRL+H Mengganti teks, format spesifik, dan item khusus
CTRL+G Menuju ke page, bookmark, footnote, tabel, comment,
graphic, atau lokasi lain
ALT+CTRL+HOME Melakukan penelusuran melalui sebuah dokumen
ALT+CTRL+P Mengubah ke print layout view
ALT+CTRL+O Mengubah outline view
ALT+CTRL+N Mengubah normal view
BACKSPACE Menghapus ke kiri satu karakter
CTRL+BACKSPACE Menghapus ke kiri satu kata
DELETE Menghapus ke kanan satu karakter
CTRL+DELETE Menghapus ke kanan satu kata
CTRL+SHIFT+F Mengubah font
CTRL+SHIFT+P Mengubah ukuran font
CTRL+] Menambah ukuran font per 1 point
CTRL+[ Mengurangi ukuran font per 1 point
CTRL+D Mengubah format karakter (perintah Font, menu Format)
SHIFT+F3 Mengubah besar kecilnya huruf
CTRL+SHIFT+A Memformat huruf menjadi besar semua (capital)
CTRL+SHIFT+W Menggarisbawahi kata tanpa spasi
CTRL+SHIFT+D Memberi garis bawah ganda pada teks
CTRL+SHIFT+H Membuat teks yang tersembunyi
CTRL+SHIFT+K Memformat huruf menjadi huruf besar tetapi berukuran kecil
CTRL+EQUAL SIGN Membuat format subscript
CTRL+SHIFT+PLUS
SIGN
Membuat format superscript
CTRL+SPACEBAR Menghilangkan format karakter manual
CTRL+SHIFT+Q Mengubah font menjadi simbol
Tabel 1. Daftar kunci shortcut yang sering digunakan dalam MS Word
Untuk mencari informasi mengenai kombinasi lainnya tekan saja tombol
F1 atau Help lalu masukkan kata kunci keyboard shortcut, maka akan
ditampilkan seluruh perintah yang ada dalam MS Word.
3. Operasi Dasar
1. Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen yang baru juga memiliki lebih dari satu cara :
1. Klik File > New
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + N
3. Dan klik pada icon
Kemudian akan muncul lembar kerja kosong , baru mulai membuat atau mengetik naskah.
2. Menyimpan Dokumen
Setelah bekerja dengan dokumen yang baru kita perlu melakukan penyimpanan
 terhadap dokumen tersebut untuk
mengantisipasi bila nanti kita perlu bekerja dengan dokumen itu
kembali. Cara-cara yang bisa dilakukan adalah:
1. Klik File > Save
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + S
3. Dan klik pada icon
Dalam menu File juga terdapat perintah Save As yang
dimaksudkan untuk menyimpan file yang sudah ada
sebelumnya dengan nama yang lain. Hal ini ditujukan bila kita
ingin melakukan perubahan terhadap sebuah file namun file
aslinya masih tetap kita pertahankan.
Ketika kita ingin menyimpan sebuah dokumen baru maka yang
akan muncul setelah mengeksekusi perintah simpan adalah
sebuah jendela Save As. Kita harus memasukkan sebuah nama
untuk mengidentifikasi file tersebut setelah sebelumnya kita
tentukan lokasi penyimpanannya.
Sedangkan untuk type file terdapat berbagai macam pilihan,
untuk type asli file kita akan disimpan dengan ekstensi doc.
Pilihan type yang lain tergantung dari kebutuhan kita terhadap
file tersebut. Bisa berupa txt bila tanpa menggunakan tambahan
obyek lainnya seperti gambar. Atau bila kita ingin membuat
sebuah halaman web maka bisa dipilih type web page (html).
3. Membuka Dokumen
Dalam pengoperasian Perangkat Lunak MS Word disamping
kita mampu membuat dokumen baru juga dituntut untuk bisa
membuka dan menutup dokumen yang sudah kita buat guna
untuk perbaikan-perbaikan apabila terjadi kesalahan pada
dokumen tersebut.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
1. Klik File > Open
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + O
3. Dan klik pada icon
Ketiga cara di atas akan mengaktifkan jendela Open, kemudian
kita tinggal mencari file mana yang akan kita buka.
4. Menutup Dokumen
Setelah berhasil membuka sebuah file maka kita harus bisa
menutupnya secara benar, tetapi sebelum kita menutup file
sebaiknya harus disimpan dulu.
Cara yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:
1. Klik File > Close
Gambar 14. File > Close
2. Dan klik pada icon X yang terletak di sebelah kanan atas
lembar kerja.
Rangkuman Pembelajaran 2 :
1. Mengenali lingkungan kerja termasuk didalamnya menu dan
toolbars
2. Menggunakan keyboard shortcut
3. Operasi dasar seperti : membuat dokumen baru, menyimpan
dokumen, membuka dokumen yang telah dibuat dan menutup
dokumen.
Tugas
Setelah anda mengenal beberapa menu dan toolbars pada MS Word,
lakukanlah beberapa latihan lebih lanjut untuk mengenal menu dan
toolbars atau perintah-perintah yang belum anda ketahui. Catat dan
amati beberapa permasalahan yang anda temui dalam latihan tersebut.
Tes Formatif :
1. Tes Toeri
1. Membuat sebuah dokumen baru untuk mengeksekusi
perintah dalam aplikasi MS Word adalah :
a. CTRL+N
b. CTRL+O
c. CTRL+W
d. CTRL+S
2. Langkah-langkah menyimpan dokumen dalam aplikasi MS
Word adalah :
a. klik File > Save
b. klik File > Open
c. klik File > New
d. klik File > page setup
3. Menyimpan dokumen dengan nama file tertentu pada
aplikasi MS Word adalah :
a. klik File > Save As
b. klik File > Save
c. klik File > Open
d. klik File > New
2 Tes Praktek
Lakukan urutan langkah-langkah dalam menyimpan satu naskah pada folder dokumen dengan nama file latihan
Tujuan Pembelajaran 3
Peserta Peserta Didik mampu melakukan editing sederhana, isian berulang
menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word.
1. Melakukan Editing Dan Formatting Sederhana
Untuk membuat sebuah naskah yang bagus kita bisa memanfaatkan
berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh MS Word, terutama
fasilitas formatting yang sudah diletakkan dalam sebuah toolbar
tersendiri.
Pada toolbar tersebut sudah tersedia fasilitas-fasilitas untuk mengubah
jenis huruf (font style), ukuran huruf (font size), format huruf, perataan
(alignment), spasi baris, penandaan dan penomoran, jarak masuk
paragraf, batas tepi, highlight, serta warna font.
Sedangkan untuk fasilitas lainnya bisa diakses melalui menu Format.
Gambar 16. Menu Format beserta perintah-perintahnya
Dari masing-masing bisa dijelaskan bahwa untuk membuat kolom koran
atau naskah yang berkolom (bukan tabel) kita bisa memanfaatkan
Format > Columns. Jumlah kolom bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.
Sedangkan Drop Cap dimaksudkan untuk menonjolkan sebuah karakter
terpilih dalam sebuah paragraf, biasanya ini digunakan pada huruf
depan sebuah paragraf.
Format > Tab bisa dimanfaatkan untuk memberi tanda tertentu yang
aktif bila kita menekan tombol Tab. Biasanya dimanfaatkan untuk
membuat titik-titik pada daftar isi.
2. Mengatur Layout Dokumen
Agar penampilan dokumen kita lebih bagus perlu kita lakukan juga
pengaturan pada batas (margin), ukuran kertas juga orientasi yang kita
butuhkan. Untuk mengaksesnya klik pada File > Page Setup hingga
muncul jendela dialog seperti di bawah ini.
Gambar 20. Jendela Tab
Pada tab Margin terdapat form-form pengaturan batas kanan, kiri, atas
dan bawah. Sedangkan Orientation digunakan untuk memilih tampilan
memanjang atau melebar. Tab Paper digunakan untuk memilih ukuran
kertas, yang akan tersedia secara lengkap apabila periferal printer
sudah terinstal.
3. Mengatur Format Berulang (AutoCorrect)
Gambar 21. Menu Tools AutoCorrect dan jendela AutoCorrect
Bila dalam pengetikan sebuah naskah kita sering menjumpai istilah atau
kata yang sama, untuk menghemat waktu pengetikan MS Word sudah
menyediakan fasilitas yang disebut AutoCorrect. Maksudnya adalah
dengan mengetikkan satu huruf saja, misalnya rt maka secara otomatis
Word akan mengeksekusinya sebagai rukun tetangga. Tergantung
pada penggunaan karakter yang kita inginkan untuk mengacu pada
istilah-istilah yang ada.
Langkah:
1. Klik tools
2. AutoCorrect
3. Tulis beberapa huruf depan kata yang dimaksud direplace
4. Tulis kata/kalimat yang dimaksud pada kolom with
5. Klik Add
6. Dalam penulisan sebenarnya, jika hendak menulis kalimat yang
berulang tersebut, cukup hanya dengan menulis huruf depannya dan
tekan spasi.
4. Pembuatan Header, Footer, Page Numbering
Header adalah tulisan atau gambar yang terletak pada bagian atas
halaman yang akan terus muncul sebanyak jumlah halaman yang kita
buat. Contoh yang sering kita temui adalah kop surat. Sedangkan footer
adalah header yang terletak di bagian bawah halaman.
Langkah membuat header
1. Klik View
2. Header and Footer
3. Isikan header pada dialog.
4. Untuk footer kita tinggal menggeser ke bagian bawah halaman.
5. Menggunakan Tabulasi
Tabulasi pada keyboard adalah suatu loncatan tempat kursor berpindah
yang digunakan untuk membuat awal paragraf menjorok atau masuk ke
dalam, dalam word procesor telah tersedia ukuran atau jarak tabulasi
secara otomatis. Untuk membuat atau mengubah tabulasi dapat
dilakukan degan mudah;
1. Tempatkan mouse pointer diatas ruler yang akan dibuat batas
tabulasi yaitu pada ruler1.
2. Klik mouse.
3. Untuk menggeser/memindahkan letak tabulasi, klik mouse pada
tanda tabulasi, kemudian tekan tombol mouse dan jangan dilepas
sambil mengesernya ketempat yang Anda inginkan, lepas tombol
mousenya maka sekarang tanda tabulasi akan bergeser.
Untuk menghilangkan tabulasi ada 2 cara:
Menggunakan mouse
1. Tempatkan mouse pointer pada tabulasi yang telah dibuat.
2. Tekan tombol mouse sambil menggesernya ke bawah sampai tanda
tabulasi hilang.
3. Setelah hilang lepaskan tombol mouse secara cepat.
Menggunakan menu
1. Tempatkan mouse pointer pada tanda tabulasi.
2. Tampilkan menu format dan pilih tabs atau klik dua kali mouse
pointer maka akan tampil kota dialog.
Gambar 23. Jendela dialog Tabs
6. Membuat Teks berkolom
Pengetikan paragraf dalam bentuk kolom-kolom yang sangat umum
diterapkan pada pembuatan koran sehingga pada umumnya pengetikan
model seperti ini disebut kolom koran.
Gambar 24. Jendela dialog Columns
Gambar 25. Tampilan hasil format dengan 3 kolom
 Rangkuman Pembelajaran 3 :
o Melakukan editing menu, membuat, membuka, menyimpan
dokumen
o Mengatur layout dokumen
o Mengatur format berulang
o Pembuatan header, footer, page numbering
o Menggunakan tabulasi
o Membuat teks berkolom.
Tugas
Dari langkah-langkah editing dan formating yang telah anda lakukan
coba lakukan kembali proses tersebut untuk dapat mengenal lebih jauh
lagi fitur edit dan format yang anda ketahui. Catat permasalahan dan
pengamatan yang anda temui dalam pelaksanaan latihan tersebut.
Tes Formatif :
1. Tes Toeri
1. Tujuan melakukan editing dan formating adalah :
a. agar naskah menjadi bagus dan rapi
b. agar naskah mudah dibuka
c. agar naskah tidak hilang
d. memudah didalam penyimpanan (saving)
2. Dalam editing membuat huruf bercetak tebal dapat dilakukan
dengan menekan tombol/icon :
a. bold
b. italic
c. underline
d. font size
3. Untuk mengatur naskah dalam bentuk columns dapat kita
lakukan melalui menu :
a. format
b. edit
c. insert
d. tools
2. Tes Praktek
Buatlah sebuah naskah lebih dari dua halaman didalam naskah
tersebut disertakan header atas nama masing-masing, dan
footer berisi kelas masing-masing, serta numbering auto.
Tujuan Pembelajaran 4
Peserta Peserta Didik mampu membuat/mengaplikasi tabel (menambah,
menghapus baris dan kolom menggunakan Perangkat Lunak pengolah
kata MS Word
1. Membuat Tabel
Dalam suatu dokumen diperlukan suatu data yang dibuat dalam bentuk
tabel atau kolom untuk mempermudah dan memperjelas dokumen
untuk praktek tabel.
Proses pembuatan tabel
1. Ketik judul tabel dengan fond size 16, bold dan rata tengah.
2. Klik tabel pada menu bar.
3. Klik insert.
4. Tabel
5. Pada kotak number of coloums isikan jumlah kolom 3.
6. Pada kotak number of rows isikan 4.
7. Klik ok.
DAFTAR NAMA BARANG
BULAN SEPTEMBER 2004
NO NAMA BARANG JUMLAH BARANG
1. MONITOR 2 UNIT
2. CPU 2 UNIT
3. PRINTER 1 UNIT
Proses penghapusan kolom dan baris pada posisi kursor
1. Klik kursor pada kolom/baris
2. Klik table > delete > pilih column atau row
3. Enter
Proses penambahan kolom dan baris pada posisi kursor
1. Klik kursor pada kolom/baris
2. Klik table > insert > pilih table
3. kemudian isikan berapa kolom dan baris yang akan ditambah.
4. Klik ok
Rangkuman Pembelajaran 4 :
Dalam suatu dokumen diperlukan suatu data yang dibuat dalam bentuk
tabel atau kolom untuk mempermudah dan memperjelas dokumen,
seperti : menambah/menghapus baris/kolom (insert/delete row/column),
tinggi baris (high row), lebar kolom (column width), dll.
Tugas
Setelah anda belajar dalam pembuatan tabel, cobalah ulangi latihan
yang lebih banyak lagi agar anda lebih banyak mengetahui tentang
fasilitas-fasilitas yang termuat pada tabel tersebut. Permasalahan dan
kendala yang anda temui catat dan tanyakan pada instruktur.
Tes Formatif :
1. Tes Toeri
1. Langkah-langkah dalam pembuatan tabel melalui menu tabel
adalah:
a. menu utama table > insert > klik table
b. menu utama table > klik table > insert
c. menu utama table > insert > columns
d. menu utama table > insert > rows
4. Pengaturan/penentuan jumlah baris pada langkah
pembuatan tabel dapat dilakukan melalui setting :
a. rows
b. columns
c. auto
d. auto format
5. Pengaturan/penentuan jumlah kolom pada langkah
pembuatan tabel dapat dilakukan melalui setting :
a. columns
b. rows
c. auto
d. auto format
2. Tes Praktek
Buatlah daftar tabel penjualan barang dengan format :
No. Nama Barang Harga Satuan Jumlah Keterangan
Dengan line style doble untuk bagian luar dari tabel
Tujuan Pembelajaran 5
Peserta Peserta Didik mampu melakukan pencetakan file/dokumen dengan
parameter standard dan mengetahui fitur-fitur pencetakan
menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word.
1.  Mencetak Dokumen
Langkah –langkah:
1. Klik file
2. Print
3. Pilih page range: All, Current Page, Page dan perintah yang lain
4. Tekan OK
Pada langkah ke 3 yaitu pilih page range : All (mencetak
semua/seluruh dokumen/file), Current Page (mencetak
dokumen/file pada posisi kursor), Page (mencetak dokumen/file
sesuai keinginan kita misalnya : hal 1,2,5,dst).
Rangkuman Pembelajaran 5 :
Mencetak file/dokumen dengan parameter standar dan penggunaan
fitur-fitur seperti page setup, printer setup, dan print preview serta subsub
fitur didalamnya.
Tugas
Cetaklah sebuah dokumen/file dengan menggunakan orientation portait
dan landscape masing-masing 1 lembar.
Tes Formatif :
1. Tes Toeri
a. Apa yang anda ketahui tentang pencetakan oritentation
portait dan landscape.
b. Apa yang anda ketahui tentang fitur print preview.
c. Apa yang anda ketahui tentang fitur printer setup.
2. Tes Praktek
Bagaimana langkah-langkah mencetak naskah yang sudah disimpan.
Tujuan Pembelajaran 6
Peserta Peserta Didik mampu melakukan pembuatan dokumen soal dengan
teknik Format Bullets and Numbering yang disediakan oleh Microsoft
Word dengan parameter standard dan mengetahui fitur-fitur pencetakan
menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word.
1. Format Dokumen Soal
Dalam pembuatan suatu dokumen soal biasanya disusun dalam bentuk
multiple choice / pilihan ganda. Biasanya soal berbentuk pilihan ganda
ada yang terdiri dari 1 kolom dalam 1 halaman, dan ada juga yang berisi
2 kolom dalam 1 halaman seperti contoh berikut :
Bentuk soal pilihan ganda 1 kolom
Bentuk soal pilihan ganda 2 kolom
Maka dalam pembuatan jenis soal dengan variasi seperti diatas dapat
digunakan kombinasi dari beberapa fasilitas yang disediakan pada
program Ms-Word antara lain :
_ Format - Bullets and Numbering
_ Format – Tabs
_ Format – Column
_ Table – Insert
_ Copy
_ Paste
Untuk lebih jelasnya, sebaiknya langsung kita coba praktek membuat
dokumen soal dengan contoh soal yang dapat diambil / dicopy dari
file : SOAL MATEMATIKA UN atau yang lain



























PENUTUP
Modul ini merupakan bahan ajar yang harus dikuasai peserta Peserta Didik untuk
memperoleh kompetensi Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Kata
MS Word, pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan
Informasi (KKPI), sehingga peserta Peserta Didik dapat dibekali dengan
kecakapan menggunakan komputer sebagai sarana dalam mencapai tujuan
sehari-hari.
Dalam bahan ajar  ini hanya beberapa perintah-perintah yang di jelaskan, akan
tetapi tidak menutup kemungkinan Anda untuk belajar sendiri
mengoperasikan peripheral lain dengan menggunakan pedoman buku
manual dan buku petunjuk instalasi.












































































































0 komentar:

Posting Komentar